Digitalize Your Moment

Kamera Digital Brica

Yang Perlu Diingat Sebelum Beli Kamera Digital

Posted by bricadigital on December 10, 2008

Kamera digital sekarang sudah banyak dipakai di Indonesia. Bagi calon pembeli, perlu memahami apa syarat yang penting diperhatikan sebelum menukar uang dengan sebuah kamera digital.

Ukuran megapiksel (MP) mempunyai pengaruh langsung pada ukuran cetak dari sebuah foto. Misalnya saja, untuk kamera dengan 2 MP, resolusi maksimum dari gambar yang bisa diambil adalah 1600×1200. Atau terdapat 1600 titik horisontal dan 1200 titik vertikal.

Jika di toko cetak film, printer yang digunakan untuk mencetak foto adalah 150 DPI (dot per inch), anda bisa mendapatkan hasil cetakan dengan hasil bagus masksimum pada ukuran 10 x 8 inci.

Jika toko cetak tersebut menyediakan printer dengan 300 DPI, maka akibatnya maksimum ukuran cetak foto anda hanyalah 5 X 4 inci (standar kartu pos). Printer dengan kemampuan densitas 300 DPI maksudnya berarti bisa mencetak sebanyak 300 titik sepanjang garis 1 inci (2,54cm). Kebanyakan mesin cetak foto memiliki densitas 300 DPI sehingga ini sering dijadikan standar dalam mencetak foto.

Bagaimana dengan kamera berukuran 3 MP? Maka hasil cetak maksimum dengan gambar bagus adalah 5 X 7 inci. 4 MP adalah 5 x 7 inci, 5 MP adalah 11 X 14 inci dan 6 MP adalah 13 X 19 inci.

Anda tentu tidak perlu mencari kamera dengan ukuran MP yang besar jikalau tidak terlalu sering menggunakan untuk mencetak dengan ukuran kertas yang besar pula. Tentukan sesuai isi kantong dan kebutuhan pemakaian. Sebab, semakin besar ukuran MP kamera digital, harganya tentu semakin makal dan setali tiga uang dengan harga penyimpan datanya.

Anda tidak perlu langsung memutuskan untuk membeli kamera digital dengan fitur yang cukup banyak kecuali anda mengetahui fungsi fitur tersebut dan sudah memiliki gaya dalam menggunakan kamera. Kamera yang kaya fitur tidak pasti bisa memberikan kualitas yang bagus.

Jika anda baru pertamakalinya membeli kamera digital, tentu paling mudah adalah mencari kamera yang tingkat pengoperasiannya paling gampang. Barulah kemudian anda bisa belajar lebih banyak. Dan baru bisa menentukan fitur-fitur apa yang tidak dibutuhkan atau fitur yang sangat krusial dengan gaya anda.

Yang penting, jangan pernah beranggapan bahwa kamera digital yang pertama anda beli mempunyai segala kelebihan dan mengisi semua kepentingan. Pastikan, kamera tersebut sesuai dengan kemampuan anda dalam menggunakan. Disamping cermat memperhatikan spesifikasinya, kamera itu harus dicoba sebelum dibeli. Beberapa kamera memang terlihat bagus di brosur tetapi ternyata tidak cocok untuk pemakai.

Pelajari pula kelemahan dari daftar yang ingin dibeli. Patut menjadi catatan bahwa tidak semua barang sempurna. Tanya sekeliling sebelum mengambil keputusan. Fokuslah hanya pada fitur yang relevan dengan kebutuhan. Perhatikan pula beberapa aspek yang penting seperti garansi, penyimpanan data, dan penggunaan baterai. Jika anda sering memotret, baterai adalah kunci.

Fitur penting lain adalah lensa. Jika anda ingin lensa zoom, pastikan menggunakan zoom optical dimana elemen lensa bergerak untuk memperluas gambar. Sedangkan digital zoom hanyalah trik dari software murah yang menghasilkan butiran, tiruan close up dengan memperluas piksel. Banyak kamera mempunyai dua hal tersebut tetapi yang penting adalah optical zoom.

Untuk yang pertamakali beli kamera digital, jangan dulu memikirkan asesoris. Luangkan waktu anda untuk mempelajari kamera baru. Setelah familiar, langkah berikutnya adalah berpikir soal asesoris.

Jika sudah membutuhkan asesoris, barulah berpikir soal kompatibilitas dengan kamera yang dimiliki. Misalnya jika anda butuh filter close up, tele converter atau wide angle converter, anda setidaknya tahu lensa kamera yang dimiliki bisa ditambahi atau tidak. Penting pula memiliki kamera dengan built in flash jika sering menggunakan di malam hari. Atau pastikan kamera itu bisa ditambahi flash eksternal.

Dalam anggaran anda, selain untuk kamera pastikan untuk menyisihkan beberapa guna penyimpan data ekstra, UV filter, baterai ekstra (untuk baterai proprietary) atau charger baterai. Tas besar atau bila perlu tripod.

Di pasar saat ini diperkirakan terdapat 300 model kamera digital. Memang sulit menentukan pilihan, tetapi penting untuk diingat adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Sumber : Titis Widyatmoko – detikinet

http://www.detikinet.com/read/

2 Responses to “Yang Perlu Diingat Sebelum Beli Kamera Digital”

  1. Liman said

    Hi, Thanks informasinya… :) nanya donk.. itu perhitungannya bagaimana ya? kenapa kalau 150 DPI ukuran maksimum 10×8″? kalau printer 300 DPI, kamera 3MP, kenapa hasil cetak maksimum 5×7″? dan 4M jg 5×7″, dst dst.. bole tau bagaimana perhitungannya? Thanks..

  2. @Liman
    wrong section.
    please ask in F&Q section.
    Thank you.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: